Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan Flashdisk Paling Lengkap

Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan Flashdisk – Buat kalian semua yang ingin tahu bagaimana sih cara menginstall ulang windows 10 dengan flashdisk?, kalian bisa menyimak artikel saya kali ini. Baru-baru ini windows 10 dirilis dan semua tentu sudah penasaran dan ingin mencobanya. Jika kamu ingin mencoba windows 10 ini, kamu tinggal download windows 10 kemudian install ulang deh. Tapi, saya lebih menyarankan untuk kamu melakukan install ulang fresh dari awal dibanding kamu upgrade. Hal ini dimaksud agar proses instalasi menjadi lebih sempurna ketimbang kamu upgrade.

Nah, kali ini saya mau sharing ni ke kamu semua yang ingin mencoba menginstall windows 10 melalui media flasdisk. Mau tau gimana caranya ? Yuk, simak artikel Liputandroid.com kali ini. Buat kamu yang sedang mencari cara install ulang laptop windows 10 menggunakan flashdisk, sebelum mencobanya sebaiknya harus bisa pastikan jika kamu benar-benar mengikuti langkah-langkah yang akan saya sajikan dibawah ini.

Cara install ulang windows 10 menggunakan flashdisk

Cara Menginstall Ulang Windows 10 Pada Laptop atau Pc Menggunakan Flashdisk

Sebelum mempraktekannya, kamu bisa pelajari terlebih dahulu sistem partisi windows kamu sebelumnya. Biasanya, laptop ataupun pc punya 2 partisi hardisk yang disebut drive C dan drive D. Perbedaan dari keduanya adalah drive C untuk system dan drive D untuk data. Ini harus kamu ketahui sebelum kamu menginstallnya di pc atau komputer. Pastikan juga data di laptop kamu aman dengan cara membackup seluruh data kamu mulai dari desktop, my documents dan lain-lain atau supaya lebih aman lagi yaitu pindahkan ke drive D tanpa terkecuali.

Untuk folder program files sendiri tidak perlu di back up. Jika kamu ingin menginstallnya, coba gunakan master installer setelah windows 10 selesai kamu install. Jika semuanya sudah kamu lakukan, kamu buat bootable windows. Bootable windows disini berarti kamu harus buat installer windows 10 ke salah satu media. Media yang saya gunakan disini adalah flashdisk. Flashdisk yang bisa kamu gunakan adalah yang mempunyai ukuran sebesar 4GB ke atas karena biasanya sizenya cukup besar. Adapun tutorialnya silahkan lihat dibawah ini.

1. Pertama silahkan masukkan flashdisk ke laptop kemudian jalankan software rufus. Pilih drive flashdisc kamu kemudian pilih ISO Windows 10.

2. Setelah itu silahkan pilih start dan tunggu hingga selesai.

3. Jika sudah selesai, kamu tutup rufusnya dan jangan langsung dicabut flashdisknya.

4. Selanjutnya silahkan Anda restart PC kamu jika ingin memulainya, tekan hotkey dan masuk ke BIOS.

5. Apabila sudah masuk ke BIOS kamu akan melihat tampilan yang berwarna biru, dan setelah itu silahkan masuk ke tab Boot dan cari boot options/boot order.

6. Dan lakukanlah penyettingan pada boot order agar pilihan removable disk berada paling atas kemudian disusul oleh harddisk/harddrive.

7. Jika sudah tersusun seperti itu, kamu save dan exit dengan menggunakan tombol F4 atau F10 tergantung BIOS kamu. Setelah proses penyimpanan selesai, PC kamu akan restart kembali dan kamu akan melihat logo installer windows 10 berada di layar laptop atau dekstop kamu.

Lihat juga : Cara Mengatasi Samsung GT S6310 Sering Restart dan Getar Berulang

Windows laptop/PC kamu sudah berubah menjadi windows 10 silahkan ubah bahasa yang kamu mau gunakan dan klik install now. Jika kamu dihadapkan dengan inputan serial, pilih skip dan nanti aka nada 2 pilihan installasi, pilih saja Costum => Drive C dan next untuk lanjut. Proses ini akan memakan waktu 30 menit jika pc sudah restart dan muncul logo merk PC atau laptop, cabut langsung flashdisknya.

Tunggu proses restart hingga 10 menit, jika sudah maka akan otomatis restart kembali. Lalu silahkan Anda pilih do this later dan kamu akan masuk pada menu settings. Pilih tombol use express settings. Akan ada pertanyaan “Who owns this PC?” Pilih saja I own it lalu klik next. Sekarang kamu diminta login dengan akun Microsoft, skip karena bisa dilakukan setelah semuanya selesai. Di bagian Create User Accounts, isikan nama kamu dan juga password. Jika kamu tidak mau menggunakan password, cukup kosongkan saja lalu next. Loading sebentar dan kamu akan diarahkan ke windows.

Baca juga : Cara Mengembalikan Pesan SMS Yang Terhapus di Android

Itulah tadi cara install ulang windows 10 menggunakan flashdisk. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang upgrade atau memperbaharui laptop atau pc nya. Sampai jumpa dan terimkasih

Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan Flashdisk Paling Lengkap | Ayla Najwa | 4.5